The Great Pacific Garbage Patch, Sampah yang mengambang di Samudra

Posted by Kang Atho on Wednesday, May 23, 2012


Di bagian utara Samudra pasifik yang luas terdapat Pusaran Arus Subtropis yang tercipta dari aliran udara bertekanan tinggi. Area ini bisa disebut sebagai gurun laut, karena sedikitnya ikan atau mamalia disana. nah karena sedikitnya ikan dan juga angin yg kurang bersahabat, pelaut dan nelayan jarang sekali berlayar melalui lingkaran arus tersebut.

Lokasi keberadaannya
 Jadi bukan ikan yang jadi pengisi laut disitu akan tetapi SAMPAH, beratus-ratus ton bahkan lebih, yang kebanyakan plastik. Kumpulan sampah ini adalah kumpulan sampah (TPA) terbesar di dunia, dan ini mengambang ditengah-tengah samudera.
Kumpulan sampah ini dikenal sebagai The Great Pacific Garbage Patch. Terdiri atas dua bagian, yang satu berada disekitar Hawaii dan California, dan satunya terbentuk di antara Jepang dan Hawaii. Para ilmuwan mengestimasi luas tumpukan sampah ini dua kali lebih besar dari Texas (696.241 km persegi)

Beberapa dari plastik ini masuk ke perut burung laut dan binatang lain termasuk Penyu. Pada level mikroskopis. Potongan kecil dari plastik dapat menyerap polusi organik dilaut kemudian termakan oleh ubur-ubur yang kemudian dimakan ikan, yang kebanyakan dikonsumsi oleh Manusia. sedangkan plastik yang besar termakan oleh burung dan penyu yang dapat membunuh, karena tersangkut didalam perut mereka

Penyu

Burung Laut

Tersangkut di sampah
 Seperti yang kita semua sudah tahu bahwa plastik itu sangat beracun juga merupakan zat yang tidak bisa terurai secara alami, cuma bisa terurai menjadi komponen komponen mikro, dan itu pun butuh ratusan tahun lebih, jadi pulau tadi akan terus mengambang dilaut berabad abad kemudian, dan kalo kebiasaan kita membuang sampah tidak dirubah, maka yang sudah terurai tadi, akan diganti dengan sampah yang baru dan akan lanjut mengambang berabad abad kemudian lagi.

 "Mari kita lebih bertanggung jawab atas sampah sampah kita sendiri, supaya bumi yang kita huni ini akan tetap nyaman untuk kehidupan kita dan generasi berikutnya"

sumber: kaskus.us

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Enjoy gan, Share your thought.